Pages

Rabu, 21 Juli 2010

Jaringan Komputer



Jaringan computer merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dan dapat saling bertukar informasi.
Tujuan dari jaringan computer adalah :
  • Berbagi resource
  • Memperluas akses informasi
  • Melakukan komunnikasi



Jaringan computer dapat di gunakan oleh semua kalangan. Jaringan computer hanya dapat digunakan saat computer-komputer tersebut saling terhubung. Untuk membangun sebuah jaringan computer dibutuhkan beberpa perangkat, yaitu:

  • Computer
  • NIC
  • Modem
  • Software





  • Switch
  • Repeater
Penguat Sinyal data pada kabel jaringan.
  • Bridge
  • Router

Media yang dapat digunakan pada sebuah jaringan:
  1. Tembaga

    1. Coaxial
    2. Twisted pair

      1. STP (Shielded Twisted Pair)
      2. ScTP (Screen Twisted Pair)
      3. UTP (Unshield Twisted Pair)
  2. Fiber optic
  3. Wireless
KLASIFIKASI JARINGAN
  1. Berdasarkan topologi:

    1. Topologi BUS
Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak Dialirkan secara bersamaan dalam dua arah.

    1. Topologi Tree
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringa
n bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.
    1. Topologi Mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk Jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n =jumlahsentral).
    1. Topologi Ring
Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara me
nghubungkan computer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan Maupun berjauhan.



    1. Topologi Star
Kontrol terpusat, semua link harus melewati ,pusat yang m
enyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau Simpul pusat dinamakan stasium primer atau y Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server.


  1. Berdasarkan skala

    1. LAN (local area network)
Jaringan Lokal (LAN) adalah jaringan dengan cakupan areal terbatas pada satu lokasi, misalnya dalam satu ruangan, satu gedung, atau beberapa
gedung yang sangat berdekatan. LAN pada umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) pada jarak maksimum 100 meter, kabel Coaxial hingga 500 meter, bahkan Serat Optik (Fiber Optic) dalam jarak lingkar 3 kilometer, tetapi banyak LAN yang tidak pakai kabel (Wireless LAN atau WaveLAN) tetapi menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi.
    1. MAN (metropolitan network)
Jaringan Kota (MAN) adalah perluasan LAN dan CAN sehingga mencakup areal satu kota, misalnya jaringan antar kampus dan jaringan antar kantor cabang, sehingga dapat mencapai jarak rentang antara 10 – 45 kilometer. Media transmisi kabel adalah Serat Optik, tetapi banyak yang menggunakan fasilitas komunikasi telepon seperti jalur sewa (leased line, T1 line), atau menggunakan antena parabola melalui gelombang mikro (microwave), bahkan antena Satelit.

    1. WAN (wide area network)
Jaringan Luas (WAN) adalah jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua, bentangannya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

    1. CAN (campus area network)
Jaringan Kampus (CAN) adalah perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kampus yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak lebih dari beberapa ratus meter. Kabel transmisi yang digunakan adalah Coaxial atau Serat Optik, disamping itu WaveLAN juga digunakan dalam areal sekitar 3 kilometer.

  1. Berdasarkan arsitektur

    1. Peer to peer
Jaringan peer-to-peer adalah jaringan dimana komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.

    1. Client-server
jaringan client/server, pada model ini ada satu komputer yang disiapkan menjadi pelayan (server) dari komputer lainnya (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer client harus dilewatkan ke komputer server, komputer server ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi server, sehingga ada pembagian tugas, milsanya file-server, print-server, database server dan sebagainya.
    1. Hybrid
Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer. User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server

  1. Berdasarkan media transmisi

    1. Wireless network
    2. Wired network

0 komentar:

Posting Komentar

 

Raissa's Blog Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008