Pages

Senin, 19 September 2011

VTP - VLAN Trunking Protokol



Konfigurasi VTP

• Memahami VTP
• Konfigurasi VTP
• Pemantauan VTP

Memahami VTP
VTP adalah suatu Layer 2 messaging protokol yang menjaga konsistensi konfigurasi VLAN dengan mengelola penambahan, penghapusan, dan berganti nama dari VLAN atas dasar jaringan luas. VTP meminimalkan inkonsistensi misconfigurations dan konfigurasi yang dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti duplikat nama VLAN, salah VLAN tipe spesifikasi, dan pelanggaran keamanan.
Sebelum membuat VLAN, kita harus memutuskan apakah akan menggunakan VTP dalam jaringan kita. Menggunakan VTP, kita dapat membuat perubahan konfigurasi terpusat pada satu atau lebih switch dan perubahan tersebut secara otomatis dikomunikasikan kepada semua switch lain dalam jaringan. Tanpa VTP, Anda tidak dapat mengirim informasi tentang VLAN untuk sakelar lainnya. VTP informasi konfigurasi disimpan dalam database VTP VLAN.
VTP hanya belajar tentang VLAN normal-range (VLAN ID 1-1005). Extended-range VLAN (VLAN ID lebih besar dari 1005) tidak didukung oleh VTP atau disimpan dalam database VTP VLAN.

informasi tentang parameter VTP:
• Domain VTP
• Mode VTP
• VTP Iklan
• VTP Versi 2
• Pemangkasan VTP

Domain VTP
Sebuah domain VTP (juga disebut manajemen domain VLAN) terdiri dari satu switch atau beberapa switch yang saling berhubungan di bawah tanggung jawab administratif yang sama berbagi nama VTP domain yang sama. Switch bisa hanya satu domain. VTP melakukan perubahan konfigurasi VLAN global untuk domain dengan menggunakan command-line interface (CLI), Cluster Management Suite (CMS) perangkat lunak, atau Simple Network Management Protocol (SNMP).
Secara default, VTP tidak-manajemen-domain negara sampai menerima sebuah iklan untuk domain di atas sebuah link trunk (link yang membawa lalu lintas dari beberapa VLAN) atau sampai kita mengkonfigurasi nama domain. Sampai nama domain manajemen yang ditentukan atau dipelajari, kita tidak dapat membuat atau memodifikasi VLAN pada server VTP, VLAN dan informasi tidak disebarkan melalui jaringan.
Jika saklar menerima iklan VTP melalui link trunk, itu mewarisi nama manajemen domain penuh dan konfigurasi VTP nomor revisi. Switch kemudian mengabaikan iklan dengan nama domain yang berbeda atau nomor revisi konfigurasi sebelumnya.
 

Perhatian Sebelum menambahkan sebuah klien VTP ke domain VTP, selalu pastikan bahwa konfigurasi VTP nomor revisi lebih rendah dari angka revisi konfigurasi dari switch lain dalam domain VTP.
Switch dalam VTP domain selalu menggunakan konfigurasi VLAN dari switch dengan nomor revisi konfigurasi VTP tertinggi. Jika Anda menambahkan sebuah saklar yang memiliki nomor revisi lebih tinggi dari angka revisi dalam domain VTP, dapat menghapus semua VLAN informasi dari server VTP dan domain VTP. Lihat "Menambah VTP Client Beralih ke Domain VTP" untuk prosedur untuk memverifikasi dan ulang nomor revisi konfigurasi VTP.

Ketika Anda membuat perubahan ke Konfigurasi VLAN pada server VTP, perubahan itu disebarkan kepada semua switch dalam domain VTP.
VTP iklan dikirim melalui semua koneksi batang IEEE, termasuk Inter-Switch Link (ISL) dan IEEE 802.1Q. VTP VLAN peta dinamis di beberapa jenis LAN dengan nama unik dan asosiasi indeks internal. Pemetaan menghilangkan perangkat administrasi yang berlebihan yang diperlukan dari administrator jaringan.
Jika Anda mengkonfigurasi switch untuk mode VTP transparan, Anda dapat membuat dan memodifikasi VLAN, namun perubahan tersebut tidak dikirim ke switch lain dalam domain, dan mereka hanya mempengaruhi saklar individu. Namun, perubahan konfigurasi dibuat ketika saklar itu di mode ini akan disimpan dalam konfigurasi switch berjalan dan dapat disimpan ke file startup konfigurasi switch.
Untuk nama domain dan pedoman password konfigurasi, lihat "Konfigurasi VTP Pedoman" bagian.
Mode VTP
Anda dapat mengatur suatu saklar yang didukung untuk berada di salah satu mode VTP yang tercantum dalam Tabel 13-1.
Tabel 13-1 Mode VTP
Mode VTP Deskripsi
server VTP Dalam mode VTP server, Anda dapat membuat, memodifikasi, dan menghapus VLAN dan menentukan parameter konfigurasi lainnya (seperti versi VTP) untuk domain VTP keseluruhan. VTP server mengiklankan konfigurasi VLAN mereka untuk switch lain dalam domain VTP yang sama dan sinkronisasi konfigurasi VLAN dengan switch lain berdasarkan iklan diterima melalui link trunk.
Dalam mode VTP server, konfigurasi VLAN disimpan dalam nonvolatile RAM (NVRAM). VTP server adalah mode default.
klien VTP VTP Seorang klien berperilaku seperti VTP server, tetapi Anda tidak dapat membuat, mengubah, atau menghapus VLAN pada klien VTP.
Dalam mode VTP client, konfigurasi VLAN tidak disimpan di NVRAM.
VTP VTP switch transparan transparan tidak berpartisipasi dalam VTP. Sebuah switch VTP tidak transparan mengiklankan konfigurasi VLAN dan tidak menyinkronkan Konfigurasi VLAN berdasarkan iklan yang diterima. Namun, dalam versi VTP 2, switch transparan melakukan forward iklan VTP yang mereka terima dari switch lain dari interface trunk mereka. Anda dapat membuat, memodifikasi, dan menghapus VLAN di switch dalam mode VTP transparan. saklar harus berada dalam mode VTP transparan bila Anda membuat VLAN extended-range. Lihat "Konfigurasi Extended-Range VLAN" section.
Ketika saklar berada dalam mode VTP transparan, dan konfigurasi VTP VLAN akan disimpan dalam NVRAM, tetapi mereka tidak diiklankan ke switch lain. Dalam mode ini, VTP mode dan nama domain akan disimpan dalam switch menjalankan konfigurasi dan Anda dapat menyimpan informasi ini dalam file startup konfigurasi switch dengan memasukkan perintah copy running-config startup-config privileged EXEC.

VTP Iklan
Setiap switch dalam domain VTP mengirimkan iklan konfigurasi berkala global dari setiap port trunk ke alamat multicast reserved. switch tetangga menerima iklan dan memperbarui mereka VTP dan konfigurasi VLAN yang diperlukan.
 
________________________________________
Catatan Karena port batang mengirim dan menerima VTP iklan, Anda harus memastikan bahwa setidaknya satu port trunk dikonfigurasi pada switch dan trunk port ini dihubungkan ke port trunk dari switch kedua.
Jika tidak, switch tidak dapat menerima iklan VTP. Untuk informasi lebih lanjut tentang port trunk, lihat "Konfigurasi VLAN Trunks" bagian.
________________________________________
iklan VTP mendistribusikan informasi domain global:
• VTP nama domain
• nomor revisi konfigurasi VTP
• Update identitas dan update timestamp
• MD5 digest Konfigurasi VLAN, termasuk unit transmisi maksimum ukuran (MTU) untuk setiap VLAN.
• Frame Format
iklan VTP mendistribusikan informasi ini untuk setiap VLAN VLAN dikonfigurasi:
• VLAN ID (ISL dan 802.1Q)
• VLAN Nama
• Jenis VLAN
• VLAN negara
• VLAN tambahan informasi konfigurasi khusus untuk jenis VLAN
VTP Versi 2
Jika Anda menggunakan VTP dalam jaringan Anda, Anda harus memutuskan apakah akan menggunakan versi 1 atau versi 2. Secara default, VTP beroperasi di versi 1.
VTP versi 2 mendukung fitur ini tidak didukung dalam versi 1:
• Token Ring dukungan-VTP versi 2 mendukung Token Ring Bridge Relay Fungsi (TrBRF) dan Token Ring Konsentrator Fungsi Relay (TrCRF) VLAN. Untuk informasi lebih lanjut tentang Token Ring VLAN, lihat "Konfigurasi VLAN Normal-Range" bagian.
• belum diakui Tipe-Length-Value (TLV) mendukung-A VTP server atau client perubahan konfigurasi merambat ke batang lainnya, bahkan untuk SVLK tidak dapat membaca. The NAB belum diakui disimpan di NVRAM saat saklar beroperasi dalam mode VTP server.
• Versi-Dependent Transparan Mode-Dalam VTP versi 1, sebuah switch VTP transparan memeriksa pesan VTP untuk nama domain dan versi dan pesan ke depan hanya jika cocok dengan versi dan nama domain. Karena versi VTP 2 hanya mendukung satu domain, ke depan VTP pesan dalam mode transparan tanpa memeriksa versi dan nama domain.
• Konsistensi Cek-In versi VTP 2, cek konsistensi VLAN (seperti nama VLAN dan nilai-nilai) yang dilakukan hanya saat Anda memasukkan informasi baru melalui CLI, Cluster Management Software (CMS), atau SNMP. Konsistensi cek tidak dilakukan ketika informasi baru diperoleh dari pesan VTP atau ketika informasi dibaca dari NVRAM. Jika MD5 digest pada pesan VTP terima adalah benar, informasi yang diterima.
Pemangkasan VTP
Pemangkasan VTP meningkatkan bandwidth jaringan yang tersedia dengan membatasi lalu lintas membanjiri kepada mereka link trunk yang lalu lintas harus menggunakan perangkat untuk mencapai tujuan. Tanpa pemangkasan VTP, sebuah saklar banjir broadcast, multicast, unicast dan lalu lintas yang tidak diketahui di semua link trunk dalam domain VTP meskipun menerima switch mungkin membuang mereka. VTP pemangkasan dinonaktifkan secara default.
blok Pemangkasan VTP tidak dibutuhkan membanjiri lalu lintas ke VLAN pada port trunk yang termasuk dalam daftar pemangkasan-memenuhi syarat. Hanya VLAN termasuk dalam daftar pemangkasan-memenuhi syarat dapat dipangkas. Secara default, VLAN 2 sampai 1001 adalah port switch pemangkasan batang memenuhi syarat. Jika VLAN dikonfigurasi sebagai pemangkasan-tidak memenuhi persyaratan, banjir terus. VTP pemangkasan didukung dengan VTP versi 1 dan versi 2.
Gambar 13-1 menunjukkan jaringan diaktifkan tanpa pemangkasan VTP diaktifkan. Port 1 di Switch 1 dan Port 2 pada Switch 4 ditugaskan ke VLAN Merah. Jika siaran yang dikirim dari host yang terhubung ke Switch 1, Switch 1 banjir siaran dan setiap switch dalam jaringan menerima itu, meskipun Switches 3, 5 dan 6 tidak memiliki port dalam VLAN Merah.
Gambar 13-1 Banjir Lalu Lintas tanpa VTP Pruning
 
Gambar 13-2 menunjukkan jaringan diaktifkan dengan VTP pemangkasan diaktifkan. Lalu lintas siaran dari Switch 1 tidak diteruskan ke Switch 3, 5, dan 6 karena lalu lintas untuk VLAN Merah telah dipangkas pada link yang ditunjukkan (Port 5 di Switch 2 dan Port 4 pada Switch 4).
Gambar 13-2 Optimized Tergenang Traffic dengan VTP Pruning
 
Mengaktifkan VTP pemangkasan pada server VTP memungkinkan pemangkasan untuk domain manajemen keseluruhan. Membuat VLAN pemangkasan-pemangkasan-memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat mempengaruhi kelayakan pemangkasan bagi mereka VLAN pada perangkat yang hanya (tidak pada semua switch dalam domain VTP). Lihat "Mengaktifkan VTP Pemangkasan" bagian. Pemangkasan VTP membutuhkan beberapa detik berlaku setelah Anda mengaktifkannya. Pemangkasan VTP tidak prune lalu lintas dari VLAN yang pemangkasan-tidak memenuhi syarat. VLAN 1 dan VLAN 1002-1005 selalu pemangkasan-tidak memenuhi syarat; lalu lintas dari VLAN tersebut tidak dapat dipangkas. Extended-range VLAN (VLAN ID lebih tinggi dari 1005) juga pemangkasan-tidak memenuhi syarat.
Pemangkasan VTP tidak dirancang untuk berfungsi dalam mode VTP transparan. Jika satu atau lebih switch dalam jaringan berada dalam mode VTP transparan, Anda harus melakukan salah satu dari ini:
• Matikan pemangkasan VTP di seluruh jaringan.
• Matikan pemangkasan VTP dengan membuat semua VLAN di switch batang hulu ke pemangkasan VTP switch transparan tidak memenuhi syarat.
Untuk mengkonfigurasi VTP pemangkasan pada sebuah antarmuka, gunakan perintah pemangkasan batang VLAN switchport konfigurasi antarmuka (lihat "Mengubah Pemangkasan Daftar-Layak" bagian).
Pemangkasan VTP beroperasi ketika antarmuka trunking. Anda dapat mengatur VLAN pemangkasan-kelayakan, apakah tidak VTP pemangkasan diaktifkan untuk domain VTP, apakah tidak ada VLAN diberikan ada, dan apakah atau tidak antarmuka saat ini trunking.
Konfigurasi VTP
Bagian ini mencakup pedoman dan prosedur untuk mengkonfigurasi VTP. Bagian-bagian ini termasuk:
• Default Konfigurasi VTP
Konfigurasi VTP • Pilihan
Konfigurasi VTP • Panduan
• Konfigurasi Server VTP
• Konfigurasi Klien VTP
• Menonaktifkan VTP (VTP Mode Transparan)
• Mengaktifkan VTP Versi 2
• Mengaktifkan Pemangkasan VTP
• Menambah Beralih ke VTP Client VTP Domain
Default Konfigurasi VTP
Tabel 13-2 menunjukkan konfigurasi default VTP.
Tabel 13-2 Default Konfigurasi VTP
Fitur Default Setting
VTP nama domain Null.
Mode VTP Server.
VTP versi 2 memungkinkan negara Versi 2 dinonaktifkan.
VTP password Tidak ada.
VTP Dinonaktifkan pemangkasan.

Konfigurasi VTP Pilihan
Anda dapat mengkonfigurasi VTP dengan menggunakan mode konfigurasi.
• Konfigurasi VTP dalam Mode Konfigurasi Global
• Konfigurasi VTP dalam Mode Konfigurasi VLAN
Anda mengakses modus konfigurasi VLAN dengan memasukkan perintah database istimewa VLAN EXEC.
Untuk informasi rinci tentang perintah VTP, lihat referensi perintah untuk rilis ini.
Konfigurasi VTP dalam Mode Konfigurasi Global
Anda dapat menggunakan perintah konfigurasi VTP global untuk mengatur password VTP, versi, nama file VTP, antarmuka memberikan diperbarui VTP informasi, nama domain, dan mode, dan untuk menonaktifkan atau mengaktifkan pemangkasan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang kata kunci yang tersedia, lihat uraian perintah di referensi perintah untuk rilis ini. Informasi VTP disimpan dalam database VTP VLAN. Bila modus VTP adalah transparan, domain VTP nama dan modus juga disimpan di dalam saklar menjalankan file konfigurasi, dan Anda bisa menyimpannya dalam file startup konfigurasi switch dengan memasukkan salinan menjalankan perintah-config startup-config privileged EXEC. Anda harus menggunakan perintah ini jika Anda ingin menyimpan VTP mode sebagai transparan, bahkan jika me-reset switch.
Bila Anda menyimpan informasi VTP di file startup konfigurasi dan reboot saklar switch, switch konfigurasi ditentukan sebagai berikut:
• Jika mode VTP transparan dalam konfigurasi startup dan database VLAN dan nama domain VTP dari database VLAN pertandingan yang di file konfigurasi startup, database VLAN diabaikan (dibersihkan), dan VTP dan konfigurasi VLAN di startup
file konfigurasi yang digunakan. Database VLAN nomor revisi tetap tidak berubah dalam database VLAN.
• Jika mode VTP atau nama domain dalam konfigurasi startup tidak cocok dengan database VLAN, nama domain dan modus VTP dan konfigurasi untuk VLAN 1005 pertama menggunakan informasi database VLAN.
• Jika saklar itu berjalan IOS Release 12.1 (9) EA1 atau lambat dan anda menggunakan file konfigurasi yang lebih tua untuk boot switch, file konfigurasi tidak berisi VTP atau informasi VLAN, dan beralih menggunakan konfigurasi database VLAN.
• Jika saklar itu menjalankan IOS rilis lebih awal dari 12.1 (9) EA1 di saklar dan Anda menggunakan file konfigurasi dari IOS Release 12.1 (9) EA1 atau yang lebih baru untuk boot switch, gambar di saklar tidak mengenali VLAN
dan konfigurasi VTP pada file konfigurasi, sehingga saklar menggunakan konfigurasi database VLAN.
Konfigurasi VTP dalam Mode Konfigurasi VLAN
Anda dapat mengkonfigurasi semua parameter VTP dalam VLAN modus konfigurasi, yang Anda akses dengan memasukkan database VLAN perintah EXEC yang diistimewakan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kata kunci yang tersedia, lihat deskripsi konfigurasi VTP VLAN perintah di referensi perintah untuk rilis ini. Bila Anda masukkan perintah keluar dalam modus konfigurasi VLAN, ini berlaku semua perintah yang Anda masukkan dan update database VLAN. VTP pesan dikirimkan ke switch lain dalam domain VTP, dan privileged EXEC mode prompt muncul.
Jika mode VTP adalah transparan, nama domain dan mode (transparan) disimpan dalam konfigurasi switch berjalan, dan Anda dapat menyimpan informasi ini dalam file startup konfigurasi switch dengan memasukkan perintah copy running-config startup-config privileged EXEC.
Panduan Konfigurasi VTP
Bagian ini menggambarkan pedoman Anda harus mengikuti ketika melaksanakan VTP di jaringan anda.
Nama Domain
Ketika mengkonfigurasi VTP untuk pertama kalinya, Anda selalu harus menetapkan nama domain. Anda harus mengkonfigurasi semua switch dalam VTP domain dengan nama domain yang sama. Switches dalam mode VTP transparan tidak bertukar pesan dengan switch VTP lainnya, dan Anda tidak perlu mengkonfigurasi nama domain VTP bagi mereka.
 
________________________________________
Catatan Jika NVRAM dan DRAM penyimpanan yang cukup, semua switch dalam sebuah VTP domain harus dalam mode VTP server.
________________________________________
 
________________________________________
Perhatian Jangan mengkonfigurasi VTP domain jika semua switch beroperasi dalam mode client VTP. Jika Anda mengkonfigurasi domain, tidak mungkin untuk membuat perubahan pada konfigurasi VLAN dari domain tersebut. Pastikan bahwa Anda mengkonfigurasi setidaknya satu switch dalam VTP domain untuk mode VTP server.
________________________________________
Password
Anda dapat mengkonfigurasi sebuah password untuk domain VTP, tapi tidak diperlukan. Jika Anda mengkonfigurasi password domain, semua switch domain harus berbagi password yang sama dan Anda harus mengkonfigurasi password pada setiap switch dalam domain manajemen. Switches tanpa password atau password yang salah dengan menolak iklan VTP.
Jika Anda mengkonfigurasi password VTP untuk sebuah domain, sebuah saklar yang di-boot tanpa konfigurasi VTP VTP tidak menerima iklan sampai Anda mengkonfigurasinya dengan password yang benar. Setelah konfigurasi, switch menerima iklan VTP berikutnya yang menggunakan password yang sama dan nama domain dalam iklan.
Jika Anda menambahkan sebuah switch baru ke jaringan yang sudah ada dengan kemampuan VTP, saklar yang baru belajar nama domain hanya setelah password yang berlaku telah dikonfigurasi di atasnya.
 
________________________________________
Perhatian Bila Anda mengkonfigurasi password VTP domain, domain manajemen tidak berfungsi dengan baik jika Anda tidak menetapkan password domain manajemen untuk setiap switch dalam domain.
________________________________________
Versi VTP
Ikuti panduan saat memutuskan untuk mengimplementasikan versi VTP:
• Semua switch dalam VTP domain harus menjalankan versi VTP yang sama.
• Sebuah versi VTP switch 2-mampu dapat beroperasi dalam domain VTP yang sama sebagai saklar menjalankan VTP versi 1 jika versi 2 dinonaktifkan pada saklar versi 2-mampu (versi 2 dinonaktifkan secara default).
• Jangan mengaktifkan VTP versi 2 pada switch kecuali semua dari switch dalam VTP domain yang sama versi-2-mampu.
Ketika Anda mengaktifkan versi 2 pada switch, switch semua versi-2-mampu domain memungkinkan versi 2. Jika ada saklar versi 1-saja, itu tidak bertukar informasi VTP dengan switch dengan versi 2 diaktifkan.
• Jika ada TrBRF dan Token Ring TrCRF jaringan di lingkungan Anda, Anda harus mengaktifkan VTP versi 2 untuk Token Ring VLAN beralih berfungsi dengan baik. Untuk menjalankan Token Ring dan Token Ring-Net versi, menonaktifkan VTP 2.
Konfigurasi Persyaratan
Bila Anda mengkonfigurasi VTP, Anda harus mengkonfigurasi port trunk sehingga saklar dapat mengirim dan menerima VTP iklan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat "Konfigurasi VLAN Trunks" bagian.
Jika anda ingin mengkonfigurasi VTP di suatu saklar anggota cluster VLAN, gunakan perintah privileged EXEC rcommand untuk login ke saklar anggota. Untuk informasi lebih lanjut tentang perintah, lihat referensi perintah untuk rilis ini.
Jika anda ingin mengkonfigurasi VLAN diperpanjang-range di saklar, saklar harus berada dalam mode VTP transparan.
Konfigurasi Server VTP
Ketika switch dalam mode VTP server, Anda dapat mengubah konfigurasi VLAN dan memilikinya disebarkan di seluruh jaringan.
 
________________________________________
Catatan Jika diperpanjang-range VLAN yang dikonfigurasi pada switch, Anda tidak dapat mengubah mode VTP ke server. Anda menerima pesan kesalahan, dan konfigurasi tidak diperkenankan.
________________________________________
Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk mengkonfigurasi switch sebagai server VTP:
 Tujuan perintah
Langkah 1 mengatur terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 2 mode VTP server Mengkonfigurasi tombol untuk mode VTP server (default).
Langkah 3 VTP domain domain-name Konfigurasi VTP administrasi-nama domain. Nama ini dapat 1-32 karakter. Semua switch beroperasi di VTP server atau mode klien di bawah tanggung jawab administratif yang sama harus dikonfigurasi dengan nama domain yang sama.
Langkah 4 VTP password password (Opsional) Tetapkan password untuk domain VTP. Sandi bisa 8-64 karakter.
Jika Anda mengkonfigurasi VTP password, domain VTP tidak berfungsi sebagaimana mestinya jika Anda tidak menetapkan password yang sama untuk setiap switch dalam domain.
Langkah 5 akhir Kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 6 menunjukkan status Verifikasi VTP entri Anda di VTP Operating Mode dan bidang VTP Domain Name layar.
Bila Anda mengkonfigurasi nama domain, tidak dapat dihapus, Anda hanya dapat menetapkan kembali beralih ke domain yang berbeda.
Untuk kembali saklar ke keadaan tanpa password, gunakan perintah konfigurasi tanpa password VTP global.
Contoh ini menunjukkan cara menggunakan mode konfigurasi global untuk mengkonfigurasi saklar sebagai server VTP dengan eng_group nama domain dan mypassword password:
Switch # config terminal
Switch (config) # VTP server mode
Switch (config) domain VTP # eng_group
Switch (config) # VTP password mypassword
Switch (config) # end

Anda juga dapat menggunakan modus konfigurasi VLAN untuk mengkonfigurasi parameter VTP. Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk menggunakan modus konfigurasi VLAN untuk mengkonfigurasi switch sebagai server VTP:
 
Tujuan perintah
Langkah 1 database VLAN VLAN Masukkan modus konfigurasi.
Langkah 2 VTP server Mengkonfigurasi tombol untuk mode VTP server (default).
Langkah 3 VTP domain domain-name Konfigurasi VTP administrasi-nama domain. Nama ini dapat 1-32 karakter. Semua switch beroperasi di VTP server atau mode klien di bawah tanggung jawab administratif yang sama harus dikonfigurasi dengan nama domain yang sama.
Langkah 4 VTP password password (Opsional) Tetapkan password untuk domain VTP. Sandi bisa 8-64 karakter.
Jika Anda mengkonfigurasi VTP password, domain VTP tidak berfungsi sebagaimana mestinya jika Anda tidak menetapkan password yang sama untuk setiap switch dalam domain.
Langkah 5 keluar Update database VLAN, menyebarkan ke seluruh domain administratif, dan kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 6 menunjukkan status Verifikasi VTP entri Anda di VTP Operating Mode dan bidang VTP Domain Name layar.
Bila Anda mengkonfigurasi nama domain, tidak dapat dihapus, Anda hanya dapat menetapkan kembali beralih ke domain yang berbeda.
Untuk kembali saklar ke keadaan tanpa password, gunakan password yang tidak VTP VLAN perintah konfigurasi.
Contoh ini menunjukkan bagaimana menggunakan modus konfigurasi VLAN untuk mengkonfigurasi switch sebagai server VTP dengan eng_group nama domain dan mypassword password:
Switch # vlan database
Switch (VLAN) server # VTP
Switch (VLAN) domain VTP # eng_group
Switch (VLAN) VTP # password mypassword
Switch (vlan) # exit
BERLAKU selesai.
Keluar ....
Konfigurasi Klien VTP
Ketika switch dalam mode client VTP, Anda tidak dapat mengubah konfigurasi VLAN-nya. Switch klien menerima update VTP dari server VTP dalam domain VTP dan kemudian memodifikasi konfigurasi yang sesuai.
 
________________________________________
Catatan Jika diperpanjang-range VLAN yang dikonfigurasi pada switch, Anda tidak dapat mengubah VTP mode ke klien. Anda menerima pesan kesalahan, dan konfigurasi tidak diperkenankan.
________________________________________
 
________________________________________
Perhatian Jika semua switch beroperasi dalam mode client VTP, jangan mengkonfigurasi nama domain VTP. Jika Anda melakukannya, tidak mungkin untuk membuat perubahan pada konfigurasi VLAN dari domain tersebut. Karena itu, pastikan Anda mengkonfigurasi setidaknya satu switch sebagai server VTP.
________________________________________
Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk mengkonfigurasi switch sebagai klien VTP:
 Tujuan perintah
Langkah 1 mengatur terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 2 VTP mode klien Mengkonfigurasi tombol untuk mode client VTP. Pengaturan default adalah VTP server.
Langkah 3 VTP domain domain-name (Opsional) Masukkan nama VTP administrasi-domain. Nama ini dapat 1-32 karakter. Ini harus menjadi nama domain yang sama sebagai server VTP.
Semua switch beroperasi di VTP server atau mode klien di bawah tanggung jawab administratif yang sama harus dikonfigurasi dengan nama domain yang sama.
Langkah 4 VTP password password (Opsional) Masukkan password untuk domain VTP.
Langkah 5 akhir Kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 6 menunjukkan status Verifikasi VTP entri Anda di VTP Operating Mode dan bidang VTP Domain Name layar.
Gunakan modus VTP tidak ada perintah konfigurasi global untuk kembali berpindah ke mode VTP server. Untuk kembali saklar ke keadaan tanpa password, gunakan perintah konfigurasi tanpa password VTP global. Bila Anda mengkonfigurasi nama domain, tidak dapat dihapus, Anda hanya dapat menetapkan kembali beralih ke domain yang berbeda.
 
________________________________________
Catatan Anda juga dapat mengkonfigurasi klien VTP dengan menggunakan perintah database istimewa VLAN EXEC untuk memasuki modus konfigurasi VLAN dan memasukkan perintah VTP klien, mirip dengan prosedur kedua di bawah "Konfigurasi Server VTP" bagian. Gunakan ada VTP VLAN perintah konfigurasi klien untuk kembali berpindah ke mode VTP server atau tidak VTP password VLAN perintah konfigurasi untuk kembali saklar ke keadaan tanpa password-. Bila Anda mengkonfigurasi nama domain, tidak dapat dihapus, Anda hanya dapat menetapkan kembali beralih ke domain yang berbeda.
________________________________________
Menonaktifkan VTP (VTP Mode Transparan)
Bila Anda mengkonfigurasi saklar untuk mode VTP transparan, Anda VTP menonaktifkan di saklar. Switch tidak mengirim update VTP dan tidak bertindak atas update VTP yang diterima dari switch lain. Namun, switch VTP transparan menjalankan versi VTP 2 tidak maju menerima iklan VTP pada semua link batangnya.
 
________________________________________
Catatan Sebelum Anda membuat VLAN extended-range (VLAN ID 1006-4094), Anda harus mengatur mode VTP untuk transparan dengan menggunakan mode VTP perintah konfigurasi transparan global. Simpan konfigurasi ini untuk konfigurasi startup sehingga boot beralih ke dalam mode VTP transparan. Jika tidak, Anda kehilangan Konfigurasi VLAN diperpanjang-range jika me-reset saklar dan boot up dalam mode VTP server (default).
________________________________________
Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk mengkonfigurasi VTP mode transparan dan menyimpan konfigurasi VTP pada file startup konfigurasi switch:
 
Tujuan perintah
Langkah 1 mengatur terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 2 Konfigurasi VTP mode transparan saklar untuk mode VTP transparan (VTP disable).
Langkah 3 akhir Kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 4 menunjukkan status Verifikasi VTP entri Anda di VTP Operating Mode dan bidang VTP Domain Name layar.
Langkah 5 copy running-config startup-config (Opsional) Simpan konfigurasi pada file konfigurasi startup.
Catatan Hanya VTP mode dan nama domain akan disimpan dalam menjalankan konfigurasi switch dan dapat disalin ke file konfigurasi startup.
Untuk kembali berpindah ke mode VTP server, gunakan perintah tidak ada konfigurasi mode VTP global.
 
________________________________________
Catatan Jika diperpanjang-range VLAN yang dikonfigurasi pada switch, Anda tidak dapat mengubah mode VTP ke server. Anda menerima pesan kesalahan, dan konfigurasi tidak diperkenankan.
________________________________________
 
________________________________________
Catatan Anda juga dapat mengkonfigurasi VTP mode transparan dengan menggunakan database VLAN privilege EXEC perintah untuk memasuki mode konfigurasi VLAN dan dengan memasukkan perintah VTP transparan, mirip dengan prosedur kedua di bawah "Konfigurasi Server VTP" bagian. Gunakan tidak transparan VTP VLAN perintah konfigurasi untuk kembali berpindah ke mode VTP server. Jika diperpanjang-range VLAN yang dikonfigurasi pada switch, Anda tidak dapat mengubah mode VTP ke server. Anda menerima pesan kesalahan, dan konfigurasi tidak diperkenankan.
________________________________________
Mengaktifkan VTP Versi 2
VTP versi 2 dinonaktifkan secara default pada switch VTP versi 2-mampu. Ketika Anda mengaktifkan VTP versi 2 pada switch, setiap versi VTP switch 2-mampu dalam domain VTP memungkinkan versi 2. Anda hanya dapat mengkonfigurasi versi di switch dalam VTP server atau mode transparan.
 
________________________________________
Perhatian versi VTP VTP versi 1 dan 2 tidak dioperasikan di switch dalam VTP domain yang sama. Setiap switch dalam VTP domain harus menggunakan versi VTP yang sama. Jangan mengaktifkan VTP versi 2 kecuali setiap switch dalam domain VTP mendukung versi 2.
________________________________________
 
________________________________________
Catatan Di TrCRF dan Token TrBRF lingkungan dering, Anda harus mengaktifkan VTP versi 2 untuk Token Ring VLAN beralih berfungsi dengan baik. Untuk Token Ring dan media Token Ring-Net, versi VTP 2 harus dinonaktifkan.
________________________________________
Untuk informasi lebih lanjut tentang pedoman versi VTP konfigurasi, lihat "VTP Versi" bagian.
Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan VTP versi 2:
 Tujuan perintah
Langkah 1 mengatur terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 2 VTP VTP versi 2 Aktifkan versi 2 di saklar.
VTP versi 2 dinonaktifkan secara default pada switch VTP versi 2-mampu.
Langkah 3 akhir Kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 4 menunjukkan status Pastikan VTP VTP versi 2 diaktifkan di bidang V2 VTP Mode layar.
Untuk versi VTP menonaktifkan 2, gunakan perintah tidak VTP versi konfigurasi global.
 
________________________________________
Catatan Anda juga dapat mengaktifkan VTP versi 2 dengan menggunakan database VLAN privilege EXEC perintah untuk memasuki mode konfigurasi VLAN dan memasukkan perintah v2-mode VLAN konfigurasi VTP. Untuk versi VTP menonaktifkan 2, gunakan tidak VTP v2-mode perintah konfigurasi VLAN.
________________________________________
Mengaktifkan VTP Pemangkasan
Pemangkasan meningkatkan bandwidth yang tersedia dengan membatasi lalu lintas membanjiri kepada mereka link trunk bahwa lalu lintas harus digunakan untuk mengakses perangkat tujuan. Anda hanya dapat mengaktifkan pemangkasan VTP di suatu saklar dalam mode VTP server.
Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan VTP pemangkasan dalam domain VTP:
 Tujuan perintah
Langkah 1 mengatur terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 2 VTP pemangkasan pemangkasan Aktifkan dalam domain VTP administrasi.
Secara default, pemangkasan dinonaktifkan. Anda perlu mengaktifkan pemangkasan hanya pada satu switch dalam mode VTP server.
Langkah 3 akhir Kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 4 menunjukkan status Verifikasi VTP entri dalam bidang Pemangkasan VTP Mode layar.
Untuk pemangkasan VTP menonaktifkan, gunakan perintah tidak VTP pemangkasan konfigurasi global.
 
________________________________________
Catatan Anda juga dapat mengaktifkan VTP pruning dengan menggunakan database VLAN privilege EXEC perintah untuk memasuki mode konfigurasi VLAN dan memasuki pemangkasan VTP VLAN perintah konfigurasi. Untuk pemangkasan VTP menonaktifkan, gunakan tidak VTP VLAN pemangkasan perintah konfigurasi.
________________________________________
Pemangkasan didukung dengan VTP versi 1 dan versi 2. Jika Anda mengaktifkan pemangkasan di server VTP, dimungkinkan untuk domain VTP keseluruhan.
Hanya VLAN termasuk dalam daftar pemangkasan-memenuhi syarat dapat dipangkas. Secara default, VLAN 2 sampai 1001 adalah pemangkasan memenuhi syarat pada port trunk. Reserved VLAN dan VLAN diperpanjang jarak tidak dapat dipangkas. Untuk mengubah VLAN pemangkasan-memenuhi syarat, lihat "Mengubah Pemangkasan Daftar-Layak" bagian.
Menambahkan Beralih ke VTP Client VTP Domain
Sebelum menambahkan klien VTP ke domain VTP, selalu pastikan bahwa perusahaan konfigurasi VTP nomor revisi lebih rendah dari angka revisi konfigurasi dari switch lain dalam domain VTP. Switch dalam VTP domain selalu menggunakan konfigurasi VLAN dari switch dengan nomor revisi konfigurasi VTP tertinggi. Jika Anda menambahkan sebuah saklar yang memiliki nomor revisi lebih tinggi dari angka revisi dalam domain VTP, dapat menghapus semua VLAN informasi dari server VTP dan domain VTP.
Mulai dalam mode EXEC yang diistimewakan, ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi dan reset konfigurasi VTP angka revisi di suatu saklar sebelum menambahkannya ke sebuah domain VTP:
 Tujuan perintah
Langkah 1 menampilkan status VTP Periksa nomor revisi konfigurasi VTP.
Jika nomor tersebut adalah 0, tambahkan switch ke domain VTP.
Jika nomor lebih besar dari 0, ikuti langkah berikut:
a. Tuliskan nama domain.
b. Tuliskan nomor revisi konfigurasi.
c. Lanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya untuk me-reset nomor revisi konfigurasi di saklar.
Langkah 2 mengkonfigurasi terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 3 VTP domain domain-name Mengubah nama domain dari yang asli ditampilkan pada Langkah 1 untuk nama baru.
Langkah 4 akhir Informasi VLAN di saklar diperbarui dan nomor revisi konfigurasi direset ke 0. Anda kembali ke privileged EXEC mode.
Langkah 5 menunjukkan Verifikasi VTP status bahwa nomor revisi konfigurasi telah direset ke 0.
Langkah 6 mengkonfigurasi terminal Masuk modus konfigurasi global.
Langkah 7 VTP domain domain-name Masukkan nama domain asli pada saklar.
Langkah 8 akhir Informasi VLAN di saklar diperbarui, dan Anda kembali ke mode privileged EXEC.
Langkah 9 menampilkan status VTP (Opsional) Pastikan bahwa nama domain adalah sama seperti dalam Langkah 1 dan bahwa nomor revisi konfigurasi 0.
Anda juga dapat mengubah nama VTP domain dengan memasukkan database VLAN istimewa EXEC perintah untuk memasuki mode konfigurasi VLAN dan dengan memasukkan domain VTP perintah domain-name. Dalam mode ini, Anda harus memasukkan perintah keluar untuk memperbarui informasi VLAN dan kembali ke privileged EXEC mode.
Setelah pengaturan ulang nomor revisi konfigurasi, tambahkan switch ke domain VTP.
 
________________________________________
Catatan Anda dapat menggunakan mode VTP transparan perintah konfigurasi global atau perintah konfigurasi VTP VLAN transparan untuk VTP menonaktifkan di saklar, dan kemudian mengubah informasi VLAN tanpa mempengaruhi switch lain dalam domain VTP.
________________________________________
Pemantauan VTP
Anda memonitor VTP VTP dengan menampilkan informasi konfigurasi: nama domain, revisi VTP saat ini, dan jumlah VLAN. Anda juga dapat menampilkan statistik mengenai iklan yang dikirim dan diterima oleh saklar.
Tabel 13-3 menunjukkan perintah EXEC istimewa untuk memantau aktivitas VTP.
Tabel Perintah VTP Monitoring 13-3
Tujuan perintah
menampilkan status VTP Tampilkan informasi VTP switch konfigurasi.
menunjukkan counter counter Tampilan VTP VTP tentang pesan yang telah dikirim dan diterima.

Ini adalah contoh output dari acara VTP status perintah EXEC yang diistimewakan:
Switch # show VTP status
VTP Version: 2
Konfigurasi Revisi: 25
Maksimum VLAN didukung secara lokal: 1005
Jumlah VLAN yang ada: 69
VTP Operating Mode: Server
VTP Domain Name: test
Pemangkasan VTP Mode: Disabled
VTP V2 Mode: Disabled
VTP Perangkap Generasi: Disabled
MD5 digest: 0xBA 0x59 0x92 0xA4 0x74 0x42 0x29 0xD5
Konfigurasi terakhir dimodifikasi oleh 0.0.0.0 di 3-1-93 00:18:42
ID updater lokal Vl1 10.1.1.59 pada antarmuka (interface VLAN bernomor terendah ditemukan)

Ini adalah contoh output dari perintah menunjukkan counter VTP privileged EXEC:
Switch counter menunjukkan VTP #
VTP Statistik:
Ringkasan iklan yang diterima: 20
iklan Subset diterima: 0
Permintaan iklan diterima: 0
Ringkasan iklan ditransmisikan: 11
iklan Subset ditransmisikan: 0
Permintaan iklan ditransmisikan: 0
Jumlah kesalahan config revisi: 0
Jumlah config mencerna kesalahan: 0
Jumlah V1 kesalahan ringkasan: 0

0 komentar:

Posting Komentar

 

Raissa's Blog Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008